Doa dan Ucapan Seputar Aqiqah featured image

Doa Dan Ucapan Seputar Aqiqah

Apakah Anda sedang mencari kumpulan Doa seputar ibadah Aqiqah? Atau bingung ucapan pembukaan atau sambutan dalam acara Aqiqah? Di artikel ini kami mencoba merangkum kumpulan doa doa terkait aqiqah, kata-kata sambutan dalam pembukaan acara Aqiqah, dan tersedia juga kumpulan doa dalam bentuk gambar yang bisa Anda download secara GRATIS!

Lajnah Ta’lif Pustaka Gerbang Lama, Pondok Pesantren Lirboyo, dalam buku Menembus Gerbang Langit; Kumpulan Doa Salafus Shalih (Lirboyo, Pustaka Gerbang Lama, 2010), hal. 120-123, telah mengumpulkan beberapa doa berkaitan dengan aqiqah.

Kumpulan Doa Seputar Aqiqah

 

1. Do’a Ketika Menyembelih Hewan

 

ِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ

Bismillâhi walLâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(sebutkan nama bayi)

Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (sebutkan nama bayi)

2. Do’a Ketika Mencukur Bayi

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillâhirrahmânirrahîm. Alhamdulillâhirabbil ‘âlamîn. Allâhumma nûrus samâwâti wa nûrusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirruLlâhi nûrun nubuwwati RasuluLlâhi ShallaLlâhu ‘alaihi wasallam walhamduliLlâhi Rabbil ‘âlamin.

“Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

3. Do’a Meniup Ubun-Ubun Bayi Setelah Dicukur

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.”

4. Do’a Walimah Al-‘Aqiqah

 

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.

“Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

5. Do’a Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Dari Hasan Al-Bashri Rahimahullah, bahwasannya ada seseorang yang bertaya kepadanya, “Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

جَعَلَ الله مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

Bisa juga bila menggunakan do’a berikut :

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Baarakallaahu laka fil mawhuubi laka, wasyakartal waahib, wabalagha asyuddah, waruziqta birrah

“Semoga Allah memberkahimu atas pemberiannya kepadamu, engkau layak bersyukur, (semoga) anakmu cepat dewasa dan engkau diberi rezeki berupa baktinya kepadamu.”

6. Do’a Perlindungan Bayi

Dari sahabat yang mulia Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya yaitu al-Hasan dan al-Husain radhiyallahu ‘anhuma,

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani)

Kita bisa meniru nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini, dengan penyesuaian jenis kelamin bayi.

A. Untuk Anak Laki-laki

 

أُعِيذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzuka bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah

B. Untuk Anak Perempuan

 

أُعِيذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzuki bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammah, wamin kulli ‘ainin laammah

Ucapan Aqiqah

Dalam menyelenggarakan acara aqiqah, biasanya seseorang menuliskan ucapan selamat atas bayi yang telah dilahirkan. Anda bisa menggunakan kata-kata berikut sebagai contoh ketika menyelenggarakan aqiqah :

1. Untuk Anak Laki-laki

Puji dan syukur selalu dipanjatkan atas ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan Rejeki, Rahmat dan KaruniaNya, telah lahir Putra Kedua: (sebutkan nama anak). Hari dan tanggal lahir: (tanggal lahir). Telah dilaksanakan proses Aqiqah sebagaimana yang telah disunahkan untuk dilakukan.

Tiada kata terindah yang bisa diucapkan selain memohon doa restu agar Ananda Putra menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orang tua. Berguna bagi nusa, bangsa, negara dan agama serta keluarga. Amin. Yang berbahagia (Nama orangtua / keluarga).

2. Untuk Anak Perempuan

Puji dan syukur selalu dipanjatkan atas ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan Rejeki, Rahmat dan KaruniaNya, telah lahir Putri Kedua: (sebutkan nama anak). Hari dan tanggal lahir: (tanggal lahir). Telah dilaksanakan proses Aqiqah sebagaimana yang telah disunahkan untuk dilakukan.

Tiada kata terindah yang bisa diucapkan selain memohon doa restu agar Ananda Putra menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orang tua. Berguna bagi nusa, bangsa, negara dan agama serta keluarga. Amin. Yang berbahagia (Nama orangtua / keluarga).

3. Ucapan Untuk Orang Tua

Bismillahirohmanirohim. Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillah atas pelaksanaan syukuran aqiqah dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun dikediaman Ibu/ Bapak (Nama orang tua). Pada hari Minggu, tanggal (Tanggal aqiqah).

Tak ada yang dapat dikehendaki selain doa dan kehadiran Bapak Ibu Saudara Saudari. Terimakasih telah bersedia dengan tulus ikhlas mengirimkan sepucuk doa pada acara syukuran aqiqah ini. Amin. Yang berbahagia Keluarga Besar Ibu/Bapak (Nama).

4. Ucapan Untuk Orang Dewasa

Alhamdulillah semoga dapat melaksanakan syukuran aqiqah dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun di kediaman Ibu/ Bapak (sebutkan nama). Pada hari (sebutkan hari dan tanggal). Tiada yang dapat dikehendaki selain kehadiran Bapak Ibu Saudara Saudari untuk mengirimkan sepucuk doa pada acara syukuran aqiqah ini. Amin. Yang berbahagia Keluarga Besar Ibu/Bapak (nama).

5. Ucapan Dalam Bahasa Jawa

Puji lan syukur tansah diparingi ngarsane Gusti Allah SWT tumrap sedoyo rejeki, Kuwasa lan Kuwasae, sampun lair Putri Katelu: (Nama anak). Dina lan tanggal lair: (tanggal lahir). Proses Aqiqah sampun ditindakake kados engkang sampun ditindakake.

Boten enten tembung luwih sae engkang saged diujar saliyane nyuwun berkah supoyo Ananda Putri ditresnani dados anak engkang alim lan dikabdi kagem tiang sepuh. Migunani kagem kelairan, bangsa lan kulawarga. Amin. (Nama orangtua / keluarga).